CALL CENTER 112

Dinas Komunikasi dan Informatika

Smart Society - 2019

Deskripsi

Call Center 112 merupakan layanan yang memudahkan masyarakat untuk menyampaikan aduan terkait pelayanan publik. Layanan ini didukung oleh operator siaga yang siap melayani selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, memastikan bahwa setiap keluhan atau aduan dapat ditangani dengan cepat dan efisien. Dengan adanya Call Center 112, masyarakat memiliki akses langsung untuk melaporkan masalah atau mendapatkan bantuan terkait berbagai layanan publik, sehingga meningkatkan responsivitas pemerintah dalam menangani kebutuhan dan permasalahan masyarakat.

Tujuan

  1. Meningkatkan kepemilikan akta kelahiran
  2. Mempermudah layanan dengan penerbitan akta kelahiran melalui fasilitas kesehatan
  3. Menghapus praktek percaloan

Keunikan

  1. Layanan lebih efisien terintegrasi dengan layanan aplikasi lain
  2. Waktu lebih singkat hanya 1 hari
  3. Mendapatkan softfile akta kelahiran, KK sehingga dapat di cetak kembali jika hilang
  4. Biaya pengiriman dokumen fisik lebih ringan

Dampak

  1. Kepemilikan akta kelahiran anak 0 – 18 tahun 98,16 % (Semester 2 th 2023 )
  2. Layanan penerbitan akta kelahiran melalui faskes 40,77% (2022) menjadi 50,26 % (2023)
  3. Tidak ada laporan praktek percaloan